Sejarah Negara-Negara Penemu Kunci

Friday, August 12, 2016

Sejarah Negara-Negara Penemu Kunci Komplit

Halo sejarahwan....
Kali ini mimin akan share negara-negara penemu kunci.

Sejarah Singkat Kunci di Amerika

Sejarah Negara-Negara Penemu Kunci

Selama periode abad ke-18 dan ke-19 perkembangan teknis yang dibuat dalam mekanisme penguncian yang ditambahkan ke keamanan perangkat penguncian umum. Selama periode ini amerika berubah jadi mengimpor perangkat keras pintu untuk manufaktur dan bahkan mengekspor beberapa. Untuk membuka, dipakai anak kunci serupa sikat gigi. Cuma bulunya diganti batang-batang pendek dan ramping. Bila ditelusupkan di celah tengah batang vertikal pertama, batang-batang anak kunci akan mendongkrak batang-batang lubang pengunci sehingga palang horisontal lolos ditarik. Prinsip ini menjadi dasar pembuatan kunci pasak.




Sejarah Singkat Kunci Negara-Negara Penting

Kunci serupa juga dipakai di Jepang, Norwegia, dan Kepulauan Faroe. Malah di Mesir, India, dan Zanzibar kunci itu masih dipakai hingga kini. Lubang anak kunci pertama kali dibuat oleh bangsa Yunani kuno pada gerendel kunci kayu dengan kokoh yang ditanam di pintu. Anak kuncinya dari kayu berbentuk sabit panjang yang pas, dengan konfigurasi lubang anak kunci. Gerakan anak kunci akan mengangkat pasak pengait. Alat ini sedikit sekali memberi pengamanan, fungsinya sekadar sebagai penghambat sehingga mudah membuat duplikat-nya.

Sejarah Negara-Negara Penemu Kunci

Untuk kunci logam, bangsa Romawi kunolah yang pertama kali membuat. Prinsip kerjanya adalah menyempurnakan prinsip kunci Mesir. Pasak dibuat dalam berbagai ukuran dengan anak kunci yang sesuai. Lubang anak kunci pun dibuat tak lazim, agar anak kunci sulit ditiru. Agar ukuran anak kunci berukuran kecil dan memudahkan membuka kunci, dipasang pegas perunggu penopang pasak. Perkembangan keterampilan memunculkan kunci yang dihiasi dengan indah. Bentuk kunci pun disamarkan, semisal berbentuk binatang, bunga, dan burung. Selain bagian kunci, anak kuncinya juga dihiasi, malah sering dipakai sebagai liontin.

Bangsa Romawi juga berjasa sebagai penemu kunci ward (pengalang), yang prinsip kerjanya masih dipakai sampai sekarang. Karena dibuat dari logam, kunci dan anak kuncinya bisa dibuat kecil. Beberapa kunci dirancang sebagai cincin. Namun, konstruksi ini bisa dibongkar, cukup dengan menelusupkan sekeping logam. Prinsip kerja kunci ini lalu diterapkan pada kunci jinjing atau gembok. Gembok hias terdapat di masyarakat Cina, Turki, India Timur, dan Rusia. Ada banyak rancangan aneh, misalnya figur dewa, bunga, atau satwa. Kadang lubang anak kuncinya pun dipasang di bagian tersembunyi.

Sejarah Negara-Negara Penemu Kunci

Kunci menyebar ke Eropa. Bentuknya pun makin rumit karena seniman bersaing ingin diakui keahliannya. Ada pula kunci yang dirancang bisa mengeluarkan jarum, anak panah beracun, atau pisau bila dicolok anak kunci palsu. Oleh karena itu sampai saat ini tukang duplikat kunci semakin kesulitan dalam mempelajari jenis kunci untuk jaman sekarang, karena pesatnya perkembangan teknologi dalam kunci yang semakin rumit dan sulit untuk dibobol.


Sekian mimin share mengenai postingan sejarah negara penemu kunci, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda.
Salam sejarahwan....

0 Komentar Untuk "Sejarah Negara-Negara Penemu Kunci"

Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "Sejarah Negara-Negara Penemu Kunci"